Himni Hot Line 021-80878876

Drs. Benaso Harefa, S.H.,M.H: Sekali Layar Terkembang, Surut Kita Berpantang

Benaso Harefa | Foto: Bidang Media, Informasi, Komunikasi dan Media DPP HIMNI / Dok.

Bang Ben nama panggilannya. Tapi tentu bukan Benyamin Sueb, melainkan Benaso Harefa yang sehari-hari berprofesi sebagai advokat. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Bengkulu.

Dilahirkan di Nias, 20 Februari 1967, anak ke-4 dari 10 bersaudara ini berasal dari Desa Namohalu, Kecamatan Namohalu Esiwa, Kabupaten Nias Utara. Di sanalah, Bang Ben menghabiskan masa kecil dalam asuhan kedua orang tua, pasangan Talimbowo Harefa dan Satimani Harefa, yang keduanya kini telah tiada.

Bersama istri, Rosmaladewi, S.Sos,  dan seorang anak mereka (Bella Nirmala Dhamayanti Harefa, ST), Bang Ben kini bermukim di Komplek PEPABRI Kelurahan Lingkar Barat, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

Bang Ben menyelesaikan pendidikan tingginya di STIA Bengkulu Bengkulu (tamat 1996). Beberapa tahun kemudian, dia tergerak untuk kuliah lagi, namun kali ini di jurusan hukum. Gelar Sarjana Hukum dia dapatkan di UNIHAZ Bengkulu (tamat 2004), kemudian gelar Magister Hukum pun disandangnya dari universitas yang sama (tamat 2007).

Bang Ben sempat pula mengikuti kursus Pembukuan dan Laporan Keuangan Proyek Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia Bengkulu pada tahun 1993, dan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Kongres Advokat Indonesia (KAI) di Jakarta tahun 2007.

Pada tahun 1989 s/d 2001, Bang Ben yang hobi menyantap pisang goreng campur mentega ini bekerja sebagai pegawai di Kanwil/Dinas PU Provinsi Bengkulu. Setelah itu dia mendirikan perusahaan sendiri dan menjadi Direktur di CV. Avore Makmur Construction dan CV.Investigasi Mediatama. Dia juga menjabat Direktur Utama di PT. Avore Mediatama Nusantara. Dari tahun 2007,

Bang Ben juga menjabat Direktur sekaligus advokat/pengacara di Kantor Hukum BENASO HAREFA, SH & Rekan. Penggemar Trio Ambisi, Benny Pambers, dan Loela Drakel ini sejak akhir dekade 1990-an telah aktif di berbagai organisasi, misalnya sebagai Wakil Sekretaris DPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bengkulu dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bengkulu.

Hingga sekarang pun dia masih aktif di banyak organisasi, antara lain sebagai Direktur Eksekutif FKP-3 Bengkulu dan Direktur Eksekutif Pusat Anti Korupsi dan Suap (PAKSA) Rakyat Nias.

Berbekal prinsip hidup “Sekali Layar Terkembang, Surut Kita Berpantang”, Bang Ben selalu mengisi hari dengan kerja keras. Tak heran bila pria yang senang main voli dan berenang ini sempat mendapatkan beberapa penghargaan, antara lain Piagam Penghargaan Pimpinan Badan Pekerja Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia (MPR RI) oleh Prof. DR.H.M. Amin Rais, Tahun 2002. ***

Post a comment