Himni Hot Line 021-80878876

HIMNI dan Lima Kepala Daerah Bahas Masalah Kepulauan Nias

HIMNI dan Lima KADA1Gunungsitoli-Himni.or.id

Minggu 3 Juli 2016 bertempat di Pendopo Kabupaten Nias, Lima Kepala Daerah di Kepulauan Nias dan Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) mengadakan pertemuan membahas sejumlah masalah yang tengah terjadi dikepulauan Nias.

Pertemuan yang terlaksana hanya beberapa jam tersebut berjalan   hangat dan penuh kebersamaan.

Topik yang menjadi bahan diskusi diantaranya masalah listrik di Kepulauan Nias, Tindak lanjut pengembangan pariwisata, Pembentukan Forkada, Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias, dan tidak kalah pentingnya adalah upaya pemberantasan Narkotika di Kepulauan Nias.

Ketua Umum HIMNI, sekaligus anggota DPR RI Komisi I  Marinus Gea, SE.,M.Ak dalam sambutannya menekankan pengembangan  sektor pariwisata, terutama persiapan  penyelenggaraan Pesta Ya’ahowu 6-8 Agustus 2016 mendatang. Pesta Ya’ahowu ini melibatkan seluruh elemen baik pemerintah daerah, maupun masyarakat yang dimulai dengan pembukaan di Kabupaten Nias Selatan dan penutupan di Kota Gunungsitoli.

“Pesta Yaahowu adalah kegiatan yang akan dilaksanakan di Kepulauan Nias. Event ini dimaksudkan untuk menjadikan Kepulauan Nias sebagai daerah Kawasan Ekonomi Khusus. Selain itu diharapkan dapat menciptakan Wisata Bahari dan meningkatkan pembangunan sarana transportasi,” kata Pak Marinus Gea, SE.,M.Ak yang juga dikenal dengan sebutan pak MrG.

Pertemuan ini dipimpin oleh Bapak Bupati Nias Sokhiatulo Laoli, telah menyepakati beberapa hal diantaranya pembentukan Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias, sebagai tindak lanjut pemilihan ketua Forkada yang dihadiri Gubernur Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

Hal lainnya, dalam pertemuan ini telah ditunjuk Koordinator Forkada secara bergantian masing-masing : Bupati Nias periode 2016-2017, Walikota Gunungsitoli periode 2017-2018, Bupati Nias Barat 2018-2019, Bupati Nias Utara 2019-2020, dan Bupati Nias Selatan periode 2020-2021. Sekretariat Forkada akan ditentukan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Daerah, sekda, asisten sekda, SKPD dan keprotokolan masing-masing daerah otonomi. (BND)

Post a comment