HIMNI HADIR DI ACEH

fullsizerender-1

Aceh – HIMNI,

Sejak didirikan 28 Januari 2000, HIMNI mempunyai keinginan membentuk kepengurusan disetiap propinsi dan Kab/Kota diseluruh Indonesia dimana orang Nias berada. hal ini kembali terealisasi di wilayah ujung barat propinsi NKRI. DPD HIMNI Propinsi Nangroe Aceh Darussalam merupakan DPD ke 16 yang baru dilantik.

Pelantikan DPD HIMNI Propinsi NAD dihadiri DPP HIMNI Ketum Marinus Gea, SE.,M.Ak, Sekjend HIMNI Otoli Zebua, S.Th, Ketua LSBP HIMNI Drs. Penyabar Nakhe dan Ketua DPD HIMNI SUMUT Turunan Gulo, S.P.,M.S.P terlaksana dengan baik, lancar serta penuh kemeriahan terlihat dari berbagai atraksi budaya dan lompat batu yang diperagakan oleh sanggar Nias di Aceh. Pelantikan DPD Propinsi Aceh yag dilaksanakan 5 November 2016 juga sekaligus Pelantikan 6 DPC dari 23 Kabupaten/kota di NAD yakni :

Ketua DPD HIMNI Aceh, Ketua Umum HIMNI, Sekjend HIMNI

Ketua DPD HIMNI Aceh, Ketua Umum HIMNI, Sekjend HIMNI

  1. DPC Kota Banda Aceh
  2. DPC Kota Subussalam
  3. DPC Kab. Simeulue
  4. DPC Aceh Singkil
  5. DPC Aceh Barat
  6. DPC Aceh Jaya

Dalam Sambutan Herman Ndraha, MA. ketua DPD HIMNI ACEH menyampaikan apresiasi setingginya atas support dan kehadiran DPP HIMNI ke Bumi Rencong, Masyarakat Nias di Aceh sangat antusias melihat dan bertemu langsung dengan Ketua Umum dan Sekjend HIMNI. Jumlah masyarakat Aceh asal Nias menurut Herman Ndraha, MA adalah sekitar 37.000 jiwa yang tersebar diberbagai wilayah Aceh. terbanyak di Aceh Singkil 10.000 jiwa disusul Aceh tengah 7000 jiwa, Kab Simeulue 3.000 jiwa dan daerah-daerah lainnya. Gubernur Aceh dalam sambutannya melalui Kesbangpol Aceh Mengatakan menyambut baik kehadiran HIMNI di Aceh, sama dengan oraganisasi lainnya yang telah lebih dulu hadir. bahkan menurut gubernur Aceh-Nias memiliki hubungan emosional sejak terjadinya gempa, tsunami beberapa tahun lalu bahkan jauh sebelumnya dan hal ini terlihat bahwa semakin banyak masyarakat Aceh yang merantau dan mencari kehidupan di Kepulauan Nias pun demikian sebaliknya.

Marinus Gea, Selaku Ketum HIMNI menyampaikan apresiasi khusus kepada DPD HIMNI Aceh yang dilantik atas upaya konsolidasi, dan kerja keras akhirnya HIMNI dapat hadir di Propinsi Aceh. secara quantity Masyarakat Nias dapat memberikan kontribusi yang sigfikan dalam pembangunan di propinsi Aceh. dan secara khusus menghimbau pemerintahan propinsi melalui kesbangpol dan walikota banda aceh, kiranya memperhatikan hak dan kewajiban masyarkat Aceh khususnya asal Nias baik dalam aktifitas pekerjaan, organisasi, maupun beribadah.

Marinus Menekankan juga dua program besar HIMNI yakni :

  1. Mendorong Percepatan Terwujudnya Propinsi Kepulauan Nias
  2. Mendorong terwujudnya Kepulauan Nias menjadi DTW Skala Nasional maupun Internasional 2025.

Pelantikan DPD HIMNI Aceh dan 6 DPC diarahakan sepenuhnya oleh Sekjend HIMNI Bapak Otoli Zebua. dengan dilantiknya DPD dan DPC Aceh ini, maka total DPD HIMNI yang sudah resmi adalah 16 DPD, dan 71 DPC.img_5643

KSB DPD HIMNI Aceh : Ketua DPD Herman Ndraha, MA., Sekretaris DPD Emerikus Lase, Bendahara DPD M. Anto Harefa.

Pelantikan dilaksanakan digedung sultan selim II, Jl. STA Mahmudsyah – Banda Aceh. lebih dari 350 orang menghadiri Pelantikan, adapun undangan yang datang yakni Gubernur Propinsi Aceh yang dalam hal ini diwakili oleh Kesbangpol Propinsi Aceh, pemerintahan kota banda aceh, anggota DPRD dan salah satunya putri Nias yakni saudari Rosnidar Zebua (DPRD Kab. Simeulue) serta tokoh-tokoh masyarakat Aceh. (BN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *