Himni Hot Line 021-80878876

Ir. Ferdinand Larosa, Ketua Osis Dua Periode

Ferdinand Larosa | Foto: Bidang Media, Informasi, Komunikasi dan Media DPP HIMNI / Rio

Nama lengkapnya Ferdinand Aroziduhu Larosa. Pria bertitel insinyur kelahiran Gunungsitoli, 18 Juli 1965 ini biasa disapa Fredi. Anak pertama dari 2 bersaudara, buah hati pasangan (Alm) Siliwanus Larosa dan Nurfati Gea. Saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Ekonomi, Kewirausahaan dan Sumber Daya Alam DPP HIMNI.

Ayahnya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Nias antara tahun 1960 – 1981. Sementara ibunya mengurus rumah tangga.

Di Desa Humene, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Fredi dan adiknya menghabiskan masa kecil. Setamat SMP, dia dikirim untuk sekolah di SMA Negeri 4 Yogyakarta (tamat 1984). Lalu melanjutkan pendidikan ke Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Jawa Tengah dan meraih gelar Insinyur di bidang Peternakan pada tahun 1989.

Beberapa jenis pekerjaan di berbagai perusahaan besar pernah dilakukannya, dimulai dengan menjadi tenaga Medical Representative dan akhirnya Regional Sales Manager (RSM) di PT Pfizer Indonesia (1990-1999) hingga menjabat General Manager di PT Quamed (2014-2015). Sejak 2016, dia menjabat Komisaris Utama di PT. Lovin Tour Indonesia.

Bakat kepemimpinan Fredi memang telah terlihat sejak remaja. Ketika sekolah di SMP Negeri 1 Gunungsitoli, dia menjabat sebagai Ketua OSIS selama 2 periode. Semasa di SMA Negeri IV Yogya, dia didapuk sebagai Ketua Bidang Bidang Kerohanian Kristen OSIS.

Semasa kuliah, Fredi juga aktif di lingkungan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan UNDIP Semarang, baik sebagai anggota maupun pengurus. Pada masa-masa ini pula Fredi menjabat Wakil Sekretaris Koperasi Mahasiswa KOSUMA UNDIP (1986-1987), Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Fak. Peternakan UNDIP (1986-1988), Wakil Ketua Gerakan Pemuda (GP) GPIB Immanuel Semarang (1985-1989), Wakil Ketua Komisi Pemuda BNKP Teladan Medan (1993-1995), serta Ketua Bidang Baperi BNKP Bandung (1997- 1999).

Pada dekade 2000-an, Fredi hijrah ke Jakarta. Di ibu kota ini, dia tetap meneruskan aktifitas keorganisasian dengan bergabung sebagai anggota dan aktif menjadi pengurus di beberapa organisasi, antara lain BPMJ BNKP Jemaat Jakarta, Komisi Bapak BNKP Jemaat Jakarta, Serikat Keluarga (SK) Odowa Jabodetabek, dan tentu saja HIMNI.

”Mengambil bagian dalam pembangunan Nias secara langsung maupun tidak langsung, serta membangun networking,” katanya bila ditanya apa motivasinya bergabung dengan HIMNI.

Pada tahun 2011 s/d 2015, Fredi menjabat Wakil Ketua Departemen OKK DPP HIMNI. Kini dia aktif sebagai Wakil Ketua Badan Pengadaan dan Pemberdayaan Aset BNKP Resort 45 (BAPEPAR), dan Sekjend Gabungan Pengusaha Nias Indonesia (GAPNINDO).

Fredi yang pernah dinobatkan sebagai Pelajar Teladan Tingkat SMP se- Kabupaten Nias dan terpilih ikut seleksi Pelajar Teladan SMP Tingkat Propinsi Sumut di Medan, tahun 1980 ini pernah pula meraih Juara 2 Lomba Paduan Suara Pria Tingkat Propinsi DKI thn 2017.

Bersama istri tercinta, Liberniwati Harefa, SAP, pria penyuka musik jazz, country, dan gospel ini bermukim di Perumahan Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten. ***

Post a comment