Himni Hot Line 021-80878876

Lakhomizaro Zebua, Disiplin, Jujur dan Kerja Keras

Lakhomizaro Zebua | Foto: Bidang Media, Informasi, Komunikasi dan Media DPP HIMNI / Seti

Nama Lakhomizaro Zebua tentu tak asing bagi masyarakat Nias, khususnya warga Kota Gunungsitoli. Sebab pria kelahiran Tumori, Gunungsitoli Barat, 11 November 1962 ini merupakan orang nomor 1 di sana untuk masa jabatan 2016- 2021. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua DPD Khusus HIMNI Kepulauan Nias.

Lakhomizaro yang juga menjabat sebagai Ketua DPD HIMNI Khusus Kepulauan Nias ini lahir di sebuah keluarga sederhana, sebagai anak ke-9 dari 10 bersaudara dari pasangan Alm. Tandradodo Zebua (Ama Woluaha) dan Alm. Saliba Gea. Kedua orang tuanya merupakan petani.

Meski hidup sederhana, bahkan sering kekurangan, namun nilai-nilai kedisiplinan, kejujuran dan kerja keras selalu ditanamkan oleh orangtua. Tak heran jika masa kecil dan remaja dihabiskan untuk membantu pekerjaan orang tua.

“Disiplin, kejujuran dan kerja keras itu nilai-nilai yang saya pegang sampai sekarang,” tuturnya.

Ayahnya meninggal dunia tahun 1981. Saat itu, Lakhomizaro masih duduk di bangku kelas 3 SMA, sehingga harapannya untuk melanjutkan sekolah terasa pupus karena ketiadaan biaya. Namun Tuhan berkehendak lain. Atas kerja keras ibu tercinta sebagai petani dan dukungan dari sanak keluarga, Lakhomizaro berhasil menyelesaikan SMA, bahkan kuliah di Fakultas Teknik Universitas Darma Agung, Medan.

Usai lulus kuliah, babak baru dalam kehidupannya pun dimulai. Dia sempat bekerja di sebuah perusahaan swasta hingga akhirnya diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada Tahun 1993. Sebagai PNS, karirnya dimulai sebagai Staf pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias dan seiring pergantian tahun, berbagai jabatan struktural pernah dijabat olehnya, antara lain sebagai Kasubsi Perencanaan Kota dinas PU Nias (1995), Kasi jalan dan jembatan Dinas PU Nias (1999). Kasubdis Pengembangan Prasarana Jalan Dinas Kimpraswil Nias (2003), Plt. Kadis Kimpraswil Nias (2004), Kadis Kimpraswil Nias (2005), Kadis PU Nias (2009), Kadis Tarukim Nias (2010), Pj. Wali kota Gunungsitoli (2010), dan Kadis PU Nias Selatan (2012).

Dalam bidang organisasi, suami dari Sukartini Wau dan ayah lima anak ini berpengalaman sebagai Ketua Pelaksana Badan Persiapan Pemekaran Kota Gunungsitoli (2008), Ketua PBSI Kab. Nias (2002), dan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Gunungsitoli (2015). ***

Post a comment