Rakor III di Nias Barat, Dasar Pengelolaan Wisata Kepulauan Nias 20-21 Juni 2016

img_2201

GST_6061Nias Barat 20-21 Juni 16 -himni.or.id

Tindak Lanjut Launching Pariwisata Kepulauan Nias “Nias Pesona Pulau Impian ” digedung kementrian Republik Indonesia 2 Juni 2016 lalu, dilaksanakanlah tahap ke empat, dari 12 Tahap menuju DTW Kepulauan Nias “Nias Pulau Impian”. tahap ke empat telah terlaksana dengan baik yakni Rapat koordinasi ke-III Dasar Pengelolaan Wisata Kepulauan Nias.

Pada kesempatan kali ini, bertindak sebagai tuan rumah Pemerintah Kabupaten Nias Barat. Dengan persiapan panitia dari DPP HIMNI beserta pemerintah kabupaten Nias Barat, koordinasi yang baik membuat pelaksanaan rakor III berjalan baik dan lancar. Rakor dimulai  20 Juni 2016 tepatnya jam 11.30 wib setelah terlebih dahulu tamu dan peserta dari DPP HIMNI, beserta KaKanwil Menkumham SUMUT, Utusan Kementrian Pariwisata Bpk Antariksa Tarigan dan rombongan disambut oleh Pak Bupati Nias Barat di Kantor Bupati Nias Barat dengan menyajikan makanan tradisional khas Nias Barat.

Dalam sambutannya Bupati Nias Barat, menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kerja keras semua panitia terlebih dari HIMNI yang telah menggagas dan menjadi fasilitator terlaksananya pengelolaan pariwisata kepulauan Nias. harapannya dengan terjun langsung Kementrian pariwisata segera memberikan petunjuk dan kiat-kiat sehingga pariwisata di Kepulauan Nias Maju dan menjadi andalan dalam meningkatkan pendapatan daerah. bahkan harapannya Kementrian Pariwisata mendorong Kementrian lainnya untuk meberikan perhatian khusus kepada kepulauan Nias seperti halnya perbaikan infrastruktur jalan, listrik, pelabuhan, dll.

Kepala kantor Wilayah Sumut Kementrian Hukum dan Ham Bpk Maroloan J. Baringbing, SH., MH dalam kesempatan itu juga menyatakan sangat mendukung Pariwisata Kepulauan Nias, menurut beliau wisata kepulauan Nias sebenarnya sudah dikenal didunia internasional sejak lama bahkan beliau sempat aktif turut hadir ke Kepulauan Nias membawa rombongan kapal pesiar untuk singgah ke Kepulauan Nias. keindahan alamnya dan kekayaan budayanya yang ditopang oleh keramahan penduduknya adalah modal utama untuk bisa mewujudkan DTW Nias Pulau Impian. dan untuk mewujudkan hal tersebut kita siap menjadi konsultan dalam pembuatan peraturan-peraturan daerah mendukung pariwisata, bahkan siap mendukung dan akan menginisiasi mendirikan satu kantor Imigrasi di Kepulauan Nias, tentunya tempatnya biasanya berada didekat bandara. hal ini disambut antusias oleh seluruh peserta Rakor III dengan tepuk tangan meriah.

Mewakili Menteri Pariwisata RI, Bpk Antariksa Tarigan, MM Eselon III bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Republik Indonesia dan paparan singkatnya menyampaikan beberapa point penting. Bahwasannya Pemerintah Daerah beryukur bahwa HIMNI telah memprakarsai dan menjadi fasilitator terlaksananya Launching Nias Pesona Pulau Impian 2 Juni 2016 lalu, bahkan tidak terus mengawal hingga Kepulauan Nias Menjadi DTW nasional dan Internasional, Kementrian Pariwisata mendukung sepenuhnya Pengembangan dan pengelolaan Pariwisata Kepulauan Nias, diharapkan kepada KADA memberikan perhatian terhadap Dinas Pariwisata dengan menempatkan yang berkompetensi dibidang pariwisata sehingga akan menjadi sparing partner ideal kementrian pariwisata dalam menyalurkan program-program pariwisata di Kep. Nias

Ketua Umum HIMNI Marinus Gea, SE., M.Ak dalam Sambutan dan Pengarahannya menitip beratkan pada kekompakan setiap Daerah di Kepulauan Nias. Pekerjaan ini tidak akan terlaksana bila kita hanya mementingkan diri sendiri, oleh sebab itu perlu segera ditindak lanjuti pembentukan Forum Kepala Daerah untuk menyatukan pandangan demi kemajuan pariwisata kepulauan Nias. Setiap Kepala Daerah diharapkan memberikan perhatian nomor satu kepada pariwisata yang mana hal ini terlihat dari pengalokasian dana APBD untuk pariwisata, demikian juga dilevel DPRD TK II diharapkan saling anggaran pariwisata. Dalam kesempatan itu juga Ketua Umum menyampaikan kepada seluruh peserta rakor III HIMNI dalam mendukung pariwisata Kepulauan Nias adalah inisiatif dan perwujudan dari program kerja HIMNI periode 2015-2019. semua operasional dalam kegiatan ini merupakan sumbangsih dan pengorbanan dari Pengurus HIMNI masing-masing, tidak benar HIMNI menerima uang bahkan sampai milyaran rupiah katanya… sebab sebagai aparat negara kita semua tahu bahwa ada norma-norma pencatatan uang keluar dari kementrian Pariwisata Republik Indonesia dan hal ini langsung dibayarkan kepada pihak terkait yakni event organizer pelaksana Launching Nias Pesona Pulau Impian 2 Juni 2016 lalu. jadi sekali lagi HIMNI tidak menerima Uang dalam pelaksanaan Launching tersebut. ini semua demi Kepulauan Nias Tercinta.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua Umum menyampaikan bahwasannya apa yang hari ini kita lakukan tidak akan berhasil hari ini juga, melainkan kita hanyalah meletakan dasar dan pondasi yang kuat mewujudkan Kepulauan Nias menjadi Daerah Tujuan Wisata Nasional maupun Internasional harapannya 2025 jadi apa yang kita lakukan ini sebenarnya buat anak-anak kita, bahkan cucu kita dimasa mendatang.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Pulau ASU, masing-masing daerah memaparkan persiapan pelaksanaan Pesta Yaahowu 6-8 Agustus 2016 dan tepat tanggal 21 Juni 2016 semua rombongan kembali ke Sirombu kemudian menyempatkan diri singgah kerumah Pak Benni Advis Daely (Bendahara Umum HIMNI) dan menikmati hidangan dari keluarga. IMG_5910

Hasil rakor III Kemudian dikenal dengan nama “Resume Rakor III, terdiri dari 8 point penting ” Rakor III dihadiri oleh lebih dari 100 Kepala Desa se Nias Barat, Wakil Walikota Gunungsitoli, Wakil Bupati Nias, Kapolres Nias, Mewakili Kapolres Nias Selatan, Dan Lanal, Mewakili Dandim, Camat, Kepala SKPD Nias Barat dan Se Kepulauan Nias, Media, Pelaku Wisata, dan Masyarakat di Nias Barat.

 

Bersatu Kita Bisa ! (BND)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *