Himni Hot Line 021-80878876

Sanema Aro Zagoto, Panggilan Jiwa Bekerja di Ladang Tuhan

Sanema Aro Zagoto | Foto: Bidang Media, Informasi, Komunikasi dan Media DPP HIMNI / Rio

Penggemar olahraga badminton ini dilahirkan di Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan pada 24 November 1968, sebagai anak pertama dari empat bersaudara, putra pasangan Saro Famoli Zagoto dan Dimae Bu’ulolo.

Masa kecil hingga remaja dihabiskannya di Pulau Nias, sebelum akhirnya hijrah untuk kuliah di AMIK Widuri, Jakarta (tamat 1996).

Meski berasal dari keluarga petani, namun pria yang menjabat sebagai Ketua DPD HIMNI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini bertekad mengembangkan potensi diri dengan berwiraswasta sejak tahun 1996.

Pada tahun 2000, Sanema tak dapat menahan panggilan jiwa untuk bekerja di ladang Tuhan. Pada tahun itu dia mengikuti kursus misionaris yang diselenggarakan oleh SP3. Lalu menjadi misionaris/evangelis di GKPB (2000-2001), kemudian pendeta/gembala di GKPB Tasikmalaya (2001-2005), dan pendeta/gembala di GKPB Pangkalpinang (2005- sekarang).

Untuk memperdalam ilmu agama serta menambah wawasan, Sanema mengikuti berbagai kursus/pelatihan, antara lain pelatihan Pengurusan Gereja Kristen yang digelar Kementerian Agama di Pangkalpinang (2008) dan Mendidik Anak dengan Kasih yang diselenggarakan Yayasan Nafiri Allah (2015). Pada tahun 2015, Sanema juga berhasil menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Theologi (IKAT) Jakarta.

Di bidang organisasi, Sanema yang menggemari hidangan laut, Chinese food, dan masakan khas Nias ini masih aktif sebagai Ketua Pembina Yayasan Benih Masa Depan Cerah, Sekretaris Yayasan Anugerah Bangka, dan Sekretaris MP GKPB Gereja Kristen Perjanjian Baru.

Pendiri GKPB Sungai Liat ini sekarang tinggal bersama istri (Julia Kartika Putri) dan anak tunggal mereka (Sunny Kezia Zagoto, 13 tahun) di Kel. Pasir Garam, Kec. Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.***

Post a comment